Lantai Kayu yang Beri Kesan Natural

    Inovasi perkayuan belakangan ini semakin marak di dunia properti. Banyak orang yang menggunakan modifikasi kayu sebagai ornamen bangunan. Salah satunya adalah parket, yaitu kayu yang dipakai untuk bagian lantai. Tujuan penggunaan parket ini lebih pada memberikan nilai estetika dan biasa digunakan untuk bagian interior.

    Jenis Parket
    Lantai yang terbuat dari kayu ini memiliki 3 jenis.
    1. Solid parque
    Lantai kayu solid ini terbuat dari kayu asli. Memiliki harga yang cukup tinggi karena kualitas kayunya yang baik dan tahan lama. Kayu solid ini biasanya berasal dari kayu jati, mahoni, merbau, bengkirai, dan jenis kayu yang teksturnya kuat.
    2. Laminate parquet
    Lantai kayu ini berasal dari campuran serbuk kayu dan beberapa bahan kimia dalam proses pembuatannya. Jenis parket ini bisa menyerupai tampilan kayu solid, namun memiliki kualitas yang kurang baik karena bersifat tiruan. Parket jenis ini memiliki tampilan yang beragam, karena pada saat pemasangan akan dilengkapi laminasi dengan motif kayu.
    3. Vaneer parquet
    Parket inimerupakan gabungan dari parket solid dan laminate. Penggunaan kayu solid sebagai bahan dasar akan dikombinasikan dengan laminate dengan menggunakan lem khusus agar dapat merekat kuat. Namun jenis ini tetap berada di bawah kualitas kayu solid.
    Kelebihan Parket

    Penggunaan kayu sebagai lantai akan memberi kesan mewah. Suasana asri juga dapat dirasakan karena tekstur kayu yang natural. Selain itu, kayu dapat menyimpan dan menghantarkan hangat dalam ruangan. Tampilan lantai yang halus dan ringan juga memberi keamanan, sehingga dapat mengurangi resiko cedera jika ada yang terjatuh. Kayu juga memiliki sifat dinamis sehingga mudah dimodifikasi dalam design interior untuk dinding, lantai atau bagian bangunan lainnya.
    Kekurangan Parket

    Secara umum, kekurangan parket ini memang disebabkan material kayuyang rawan terhadap serangan serangga dan sangat bergantung pada kelembaban. Ini mengakibatkan parket membutuhkan perawatan khusus agar dapat terjaga dengan baik. Kemungkinan menusut dan memuai pun kerap terjadi sesuai perubahan suhu ruangan. Sedangkan menurut jenisnya yang telah diulas di atas, setiap parket memiliki resiko yang lebih spesifikasi lagi. Kayu solid biasanya lebih mahal karena bahan dasar yang miliki kualitas baik. Kayu laminate dan vaneer rentan terhadap kerusakan material karena kualitasnya bahan dasar pembuatannya turut berpengaruh.
    Harga Parket

    Biaya yang harus dikeluarkan untuk memasang parket akan disesuaikan dengan jenisnya. harga kayu di batam tentu memiliki harga tinggi untuk bahan dasar, pemasangan hingga perawatannya. Sementara jenis lain akan lebih murah walau perawatan tetap saja harus lebih ekstra karena sifat kayu adalah sama, mudah terkena jamur dan serangga.

    Motivasi orang untuk menikmati suasana natural di rumah membuat permintaan lantai kayu ini semakin tinggi. Banyak perusahaan dan toko yang mulai menyediakan bahan ini dengan berbagai merk. Tetapi ingatlah lantai kayu Batam yang miliki kualitas baik dengan harga yang terjangkau.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *